bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Membersihkan Helm Dengan Cara Tepat


Helm tidak hanya untuk melindungi kepala. Namun juga sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari serta hujan. Begitu pentingnya manfaat helm tersebut, sehingga harus dirawat serta di jaga agar tetap awet.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat helm:


1. Bersihkan setiap hari kaca helm Anda dengan menggunakan kanebo secara hati-hati dan perlahan lurus kebawah (vertikal). Gunanya untuk menghindari debu atau partikel keras yang dapat merusak atau mengores visor atau kaca helm.

Kaca helm yang tergores biasanya akan membuat pecah pancaran cahaya yang diterima khususnya malam hari. Sebaiknya kaca helm yang kotor karena debu atau serpihan serangga yang mati mohon jangan dilap langsung dengan kanebo (Karena akan menggores lapisan kaca luar). 2. Semprot atau basahi dulu kaca tersebut dengan air biasa atau air sabun (yang PH-nya rendah) biarkan air tersebut bereaksi dengan debu atau kotoran dan biarkan air tersebut melarut. Setelah 2 menit, seka dengan kain lap lembut (setengah basah) untuk menyeka kaca.

Baru setelah beberapa menit, lap dengan kanebo. Segera lap dan keringkan kaca helm setelah kehujanan. Karena derajat asam dari air, hujan akan membuat jamur pada kaca.

3. Setelah itu ambilah tisu dan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca dan keringkan dengan tisu. Namun tetap lakukan dengan hati-hati dan perlahan.

4. Bersihkan dengan kit atau pengkilat motor untuk lapisan luarnya. Jangan pernah menggunakan Cairan pengilap atau Kit pada Visor.

5. Semprotkan pengharum untuk bagian dalam (tersedia pengharum khusus helm).

6. Cuci bagian dalam helm bagi yang bisa di copot (minimal dua minggu sekali) dengan cara di rendam di air panas dan sabun cair. Bilas dan keringkan dengan di angin-anginkan. Jangan di kucek dan di peras karena akan merusak busa didalamnya.

Selain cara tersebut, ada cara lain untuk membesihkan helm yaitu :


1. Bersihkan bagian luar. Lapisan pelindung cat helm rata-rata sama bahannya seperti pelindung cat mobil atau motor.

Oleh karena itu, produk-produk pembersih atau pemoles cat mobil atau motor bisa dipakai untuk mengangkat kotoran sekaligus membuat helm cemerlang.

Demikian juga jika ingin menghilangkan goresan pada permukaan helm. Compound untuk mengangkat goresan cat yang menempel pada bodi mobil bisa kita pakai.

Namun ingat, tidak dianjurkan mernakai bahan-bahan tersebut terlalu banyak. Pasalnya justru bisa memudarkan warna cat helm. Untuk membersihkan kaca pun, cukup memakai cairan pembersih kaca.

2. Bersihkan bagian dalam. Beberapa helm ada yang terdapat busa di dalamnya dan bisa dilepas. Busa tersebut langsung bisa dicuci terpisah dengan air sabun. Hanya saja pengeringan harus segera dilakukan agar bentuknya tidak berubah.

Apabila bagian dalamnya tidak bisa dilepas, semprotkan cairan pembersih, dan pewangi ke busa bagian dalam. Disarankan, agar lubang helm berada diposisi bawah agar air semprotan tidak terlalu banyak masuk kedalam busa.

Untuk mengeringkan busa selain kain lap kering, bisa juga dipakai memakai kipas angin atau hairdryer. Selain lebih cepat kering, juga tidak akan meninggalkan bau apek.

3. Membersihkan Ventilasi. Debu atau pasir halus akan banyak ditemukan di sela-sela lubang ventilasi helm. Bagian ini jangan sampai tertinggal dalam proses pembersihan helm. Pakailah vacum cleaner untuk menghisap debunya.

Apabila tidak terdapat vacum cleaner, dapat juga dipakai pipet udara yang penting debu tadi dapat ditiup ke arah luar (bukan kedalam), disarankan lepaskan dahulu bagian-bagian helm sebelum membersihkan ventilasi.
thumbnail
Judul: Membersihkan Helm Dengan Cara Tepat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Otomotif :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz